Kamis, 16 Februari 2012

Ayo qta belajar violin :P

   


Bermain violin itu sangatlah mudah. Hal-hal yang perlu diperhatikan yaitu
1. Memilih biola yang cocok dengan kita
untuk dapat memainkan biola dengan baik, kita harus memilih biola yang memang cocok untuk kita. ukuran biola juga harus sesuai.
biola memiliki berbagai jenis ukuran, dimulai dari yang paling kecil, 1/32, 1/16, 1/10, 1/8, 1/4, 2/4, 3/4, dan biola ukuran penuh yaitu 4/4. dimana untuk biola 4/4, panjang badan biola tidak termasuk leher, adalah sekitar 36cm, sedangkan viola 4/4 adalah 40cm.

untuk menentukan ukuran biola yang sesuai, tangan kita harus dapat menggenggam pangkal leher biola sampai ibu jari menimpa jari telunjuk atau yang lainnya. dengan begitu, kita akan mudah menekan dan berpindah senar saat bermain biola.
biasanya, dianjurkan untuk memakai ukuran biola yang lebih kecil sedikit dari ukuran kita, karena dengan begitu permainan tangan kiri akan semakin lincah. akan tetapi, biola yang terlalu kecil juga tidak begitu baik karena keakuratan menentukan nada (not) akan berkurang.
selain ukuran, untuk informasi, biola yang tua lebih mahal dan lebih bagus kualitas suaranya daripada biola baru. begitu juga dengan biola handmade. pada umumnya, biola hendmade memiliki suara yang lebih jernih dan berkualitas daripada biola pabrik.
jenis bahan kayu dan warna juga bisa menjadi penilaian sendiri buat anda.
selamat memilih BIOLA anda ! :) 
2. Mengenal Bagian-Bagian Biola






3. Cara Merawat Biola
biola adalah alat musik yang sensitif, makadari itu diperlukan perawatan untuk menjaga kestabilan suaranya.
berikut beberapa tips dari admin untuk merawat dan menjaga biola anda :
a. simpanlah selalu dalam case biola apabila sedang tidak digunakan
b. apabila ingin meletakkan biola, letakkanlah secara tidur miring, dengan lebar biola dan pasak senar sebagai tumpuannya. jangan meletakkannya secara tidur dengan punggung biola dibawah dan biola menghadap ke atas atau sebaliknya !
c. letakkanlah biola anda di alas yang empuk
d. bersihkanlah biola anda dari debu. jangan hapus serbuk putih di sekitar lubang biola. konon, makin banyak debu itu, semakin mahal biola anda)
e. gosokkan bow dengan rossin secara berkala dengan cara menggosoknya satu arah berulang kali.

4. Posisi Bermain Biola
bagi orang awam, bermain biola amatlah melelahkan dan membuat pegal. tapi, sebenarnya, apabila kita bermain biola dengan posisi yang benar, kita tidak akan merasa pegal.
dalam bermain biola, posisi yang perlu diperhatikan :
a. Posisi tangan kiri sebagai tumpuan biola. Tumpukan biola pada sela ibu jari dan jari telunjuk pada tangan kiri anda, jadikan itu sebagai tumpuan utama. usahakan semua beban tertumpu disitu dan jangan menjadikan telapak tangan sebagai tumpuan juga. dengan begini, tangan kiri kita lebih mudah bergerak.
b. Letakkan dagu anda di penyangga dagu dan jepit dengan bahu. cari posisi nyaman sehingga posisi biola stabil. untuk latihan, gerakkan biola dengan hanya menjepitnya dengan dagu tanpa memegangnya.
c. Posisi lengan kiri. apabila tangan kiri anda telah memegang biola dan bahu anda telah diletakkan di penyangga dagu, pastikan lengan kiri anda mengambang bebas dengan membentuk sudut kira-kira 120 derajat. tarik sikut anda ke atas sehingga genggaman tangan kiri anda agak miring.
d. Tangan kanan memegang bow. dalam memegang bow, jangan sekali-kali anda menggenggamnya. taruh ibu jari di satu sisi, dan 4 jari lainnya di sisi sebaliknya. kemudian miringkan posisi jari-jari anda dengan cara menarik tangan agak ke bawah dan menonjolkan pangkal tangan agak ke atas.
e. Saat bermain biola, sebaiknya berdiri. dengan begitu anda lebih bebas bergerak.
5. Teknik Dasar Bermain Biola
setelah anda tahu posisi bermain biola, kini saatnya bermain biola !
ayo kita mulai dengan teknik dasar..
a. Mencari nada.
pada dasarnya, biola distem dengan senar G-D-A-E (dari bawah ke atas), jadi, nada dasar biola adalah do=G. pada biola, tidak ada fret penunjuk nada. jadi, anda harus mencari nada dasar anda sendiri. stemlah biola anda sendiri. gunakanlah feeling anda, itu akan mempermudah mencari nada dari do sampai si. untuk mudahnya, untuk pernada biasanya berjarak 1 jari renggang. kecuali untuk mi ke fa, dan si ke do, berjarak satu jari rapat.
b. Cara menggesek.
bow memiliki ukuran dan berat yang berbeda-beda. kekuatan dan halus tidaknya suara biola yang dihasilkan tergantung dari cara anda menggesek bow pada senar.
mulailah dengan mencoba menggesek setiap senar. setiap kali gesek atau setiap nada, digunakan satu arah gesekan (dari bawah ke atas atau dari atas ke bawah). gesek mulai dari kecepatan rendah, sedang, dan tinggi. usahakan kekuatan dan bunyi gesekan stabil. INGAT ! jangan terlalu menekan senar, dan jangan pula terlalu mengambang pada senar.
c. bermainlah pada nada !
gabungkan poin a dan b. gesek pada nada-nada berbeda. latih untuk perpindahan bow dari satu senar ke senar yang lain.
6. Bermain dengan Teknik
a. Memetik
ini adalah teknik paling mudah. maksudnya adalah, saat kita bermain biola, tidak selalu senar harus digesek dengan bow. pada kesempatan tertentu, kita dapat memetiknya. hal ini dilakukan untuk variasi aransemen lagu.
b. 2 nada dalam satu gesek.
seperti yang kita ketahui, pada umumnya kita menggesek satu nada dengan satu gesek yang satu arah. tapi kita juga bisa memainkan 2 nada dalam 1 gesek sekaligus. teknik ini biasa dimainkan dalam lagu syahdu nan sendu.
c. gesekan banting (spicato)
kalau selama ini yang kita tahu hanya menggesek biasa dengan gesekan yang satu dengan yang lainnya menyambung, kita juga bisa membuatnya terputus dengan cara membanting gesekannya. maksudnya adalah, setelah kita menggesek satu nada, kita mengangkatnya, kemudian menaruh kembali dengan agak dibanting untuk gesekan selanjutnya. teknik ini biasa digunakan untuk lagu dengan irama cepat dan stakato yang banyak.
d. Tremolando
pengulangan yang sangat cepat yang dilakukan dengan puncak busur. biasanya satu nada saja, namun terkadang lebih dari satu.
e. Getaran (vibrato)
yaitu dengan menggerakkan jari kita ke atas-bawah secara halus dan stabil sehingga suara yang dihasilkan bergetar. vibrato yang bagus adalah vibra dimana suara yang dihasilkannya stabil, tidak terdengar perubahan nada, cepat dan halus.



2 Comments:

  1. Bachtiar Fahmi Wibowo said...
    Bukannya nada dasar biola itu C dari sananya. Kok bisa do = G. Do nya kan di senar kedua?
    Bachtiar Fahmi Wibowo said...
    Bukannya nada dasar biola itu C dari sananya. Kok bisa do = G. Do nya kan di senar kedua?

Post a Comment



By :
Free Blog Templates

Ha-Ha In Your Face Onion Kun